Pengertian Rotasi bumi dan akibatnya terjadinya rotasi bumi

Hello Friend!!!

Kali saya akan memposting Pengertian Rotasi bumi dan akibatnya terjadinya rotasi bumi, disini saya akan menjelaskan Apa itu rotasi bumi ? dan Apa akibat terjadinya rotasi bumi ?
A. Pengerian Rotasi Bumi
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya . Perputaran ini merupakan akibat dari adanya gaya tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi. Arah Rotasi  Bumi dari barat ke timur, dengan kemiringan 23,5°.Rotasi bumi membutuhkan waktu selama 23 jam 56 menit 

B. Bukti yang Menyatakan Adanya Rotasi Bumi
  • ·Bandul atau pendulum Foucault ialah suatu alat yang berguna untuk menunjukkan arah Rotasi Bumi. Alat ini ditemukan oleh Jean Bernard Léon Foucault.Alat eksperimen ini terdiri atas bandul panjang yang berbas bergerak kesana kemari pada latar vertikal. Baik di Kutub Utara maupun Selatan, latar osilasi bandul tetap terpasang dengan memandang pada bintang tetap ketika Bumi berotasi di bawahnya, memerlukan waktu sehari untuk menyelesaikan rotasi. Ketika bandul Foucault digantungkan di khatulistiwa, latar osilasi tetap terfiksasi secara relatif ke Bumi. Pada garis lintang lain, latar osilasi mempresesi Bumi secara relatif, namun lebih lambat daripada di kutub.Pertunjukan pertama bandul Foucault kepada khayalak terjadi pada bulan Februari 1851 di Ruang Meridian yang ada di Observatorium Paris.Beberapa minggu kemudian, Léon Foucault membuat bandul terkenalnya ketika ia menggantung potongan rambut seberat 28 kg dengan kabel sepanjang 67 meter dari kubah Panthéon di Paris.
    Gambar Bandul atau Pendulum foucault
  • Percobaan Benzenberg dan Reich (Percobaan dengan benda jatuh)Benzenberg (Tahun 1802) mengadakan percobaan dengan menjatuhkan peluru logam dari puncak menara. Ternyata peluru itu tidak jatuh persis dibawahnya, namun agak melenceng ke arah timur. Hal itu mebuktikan bahwa bumi berotasi dari barat ke arah timur.Reich (Tahun 1831) juga melakukan percobaan yang serupa pada sebuah lubang pertambangan dan ternyata hal yang serupa didapatkan.

C. Akibat Terjadinya Rotasi Bumi
  • Pergerakan semu harianmatahari
Benda-benda langit yang terlihat setiap hari (terutama malam hari) seolah-olah melintas dari timur ke barat. Pergerakan ini selanjutnya disebut pergerakan semu harianmatahari. Pergerakan ini bukan disebabkan oleh gerakan benda-benda langit terhadap bumi tetapi disebabkan adanya rotasi bumi pada porosnya. 
  • Peristiwa siang dan malam  
Gambar Peristiwa siang dan malam
Rotasi bumi meyebabkan bagian-bagian bumi yang berhadapan secara langsung dengan matahari akan mendapat sinar. Perbubahan siang dan malam berlangsung secara perlahan sehingga daerah-daerah yang berada pada posisi lebih timur dari daerah lain akan mengalami siang lebih dahulu.
  • Perbedaan waktu
Gambar pembagian waktu dunia
 Garis Bujur adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan waktu waktu di permukaan bumi dan di dasarkan pada kota Greenwich di Inggris. Kota Greenwich ditetapkan garis bujurnya 0o. Daerah disebelah timur disebut bujur timur, sedang daerah disebelah barat disebut bujur barat.Daerah barat dan timur masing-masing dibagi menjadi 180o
  •   Pembelokan arah angin
Gambar Arah angin muson barat
Angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Meskipun demikian arah angin tidak sama persis dengan arah gradien tekanan, hal ini disebabkan adanya efek gaya Coriolis pada angin. Gaya Coriolis adalah gaya semu yang timbul akibat efek dua gerakan yaitu gerak rotasi bumi dan gerak benda relatif terhadap bumi.
  •   Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi
Gaya tarik bumi didaerah kutub lebih kuat daripada di daerah khatulistiwa, karena:
   -Kutub lebih dekat letaknya dari pusat bumi (karena pepat)
   -Kutub seolah-olah tidak berputar karena berada tepat di sumbu bumi
Rotasi bumi juga menyebabkan penggembungan di khatulistiwa dan pemantapan di kedua kutub bumi.
  • Gaya sentrifugal
Gambar contoh gaya sentrifugal
Benda yang berputar/berrotasi akan menyebabkan terjadinya gaya sentripetal. Semakin besar jari-jari rotasi akan semakin besar juga gaya sentripetal yang timbul.
Gaya sentrifugal ini akan mengakibatkan bumi pepat di bagian kutub (garis tengah bumi bagian kutub lebih kecil dibanding garis tengah bumi bagian katulistiwa). Perbedaan garis tengah ini mengakibatkan percepatan gravitasi bumi berbada, sesuai hukum Newton tentang gravitasi.
  •  Pembelokan arus laut
Arus laut pada umumnya di sebabkan oleh angin yang bertiup dipermukaannya.
Seperti halnya arah angin, arah arus laut juga disimpangkan oleh adanya rotasi bumi. Arus laut dipaksa membelok ketika sampi di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan


Sekian dulu dari saya tentang Pengertian Rotasi bumi dan akibatnya terjadinya rotasi bumi
Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kita semua :)

Posting Komentar